Wednesday 13 June 2012

Pengunaan 있다 /없다 dan Penanda -에


Saya akan membantu menjelaskan kepada teman-teman mengenai pengunaan 있다 /없다 dan Penanda -에 yang selalu digunakan dalam bahasa Korea sehari-hari mengenai kepunyaan dan pemberitahuan tempat dan waktu

Pengunaan 있다 /없다
Pengunaan  있다  digunakan ketika kita ingin menyatakan kepemilikan, keberadaan dan lokasi , sedangkan untuk kebalikan dari 있다 adalah 없다.

Contoh : 
- 지금 어디에 있어요 ?
  jigeum eodi e isseoyo ?
  Sekarang (kamu) ada dimana ?
- 누나가 있어요 ?
  nuna ga isseoyo ?
  Apakah kamu mempunyai kakak perempuan?
- 아니오, 동생이 없어요 
  anio, dongsaeng i eopseoyo
  Tidak, saya tidak mempunyai adik
- 교실에 책상 없어요 
  gyosir e chaeksang eopseoyo
  Dikelas tidak ada meja belajar

Penanda -에
Penanda ini digunakan untuk menunjukan arah, lokasi atau waktu. Dalam bahasa Indonesia arti -에 adalah "di, ke, pada"

Contoh :
- 생일에 선물을 많이 받았어요 
  saengir e seonmureul manhi badasseoyo
  Pada ulang tahun, saya menerima banyak hadiah
- 하루에 한국어를 두시간 공부를 합니다 
  haru e du sigan gongbureul hamnida
  Sehari saya belajar bahasa Korea 2 jam
- 책이 도서관에 있어요 
  caeg i doseogwan e isseoyo
  Meja belajar ada di perpustakaan
- 친구와 극장에 갈게요 
  chingu wa geukjang e galkeyo
  Saya akan pergi ke bioskop dengan teman

No comments:

Post a Comment