Monday 10 December 2012

Penggunaan V(으)ㄴ 적이 없다/있다 dan V/A(으)ㄹ 줄 모르다/알다



Saat ini kita akan mempelajari penggunaan pernah/tidak pernah dan tahu/tidak tahu (cara) dalam bahasa korea. Untuk menyatakan kalimat "pernah/tidak pernah" dalam bahasa korea, maka menggunakan grammar  V(으)ㄴ 적이 없다/있다. sedangkan untuk menyatakan kalimat "tahu/tidak tahu (cara)" dalam bahasa korea menggunakan grammar V/A(으)ㄹ 줄 모르다/알다. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh kalimat-kalimat dibawah ini

Penggunaan V(으)ㄴ 적이 없다/있다 :
- 전 영화를 볼 때마다 팝콘을 먹은 적이 없어요
  jeon yeonghwareul bol ttaemada papkoneul meogeun jeogi eopseoyo
  Saya tidak pernah makan popcorn setiap saya menonton film
- 한국에 간 적이 있었어요
  hanguge gan jeogi isseosseoyo
  Saya tidak pernah pergi ke Korea
- 일본 음식을 먹은 적이 있어요
  ilbon eumsigeul meogeun jeogi isseoyo
  Saya pernah makan masakan jepang
- 선물을 받은 적이 없어요
  seonmureul badeun jeogi eopseoyo
  Saya tidak pernah menerima hadiah
- 그분을 본 적이 있어요
  geubuneul bon jeogi isseoyo
  Saya pernah melihat orang itu

Penggunaan V/A(으)ㄹ 줄 모르다/알다 :
- 오늘 비가 올 줄 알았어요.
   oneul biga ol jul arasseoyo
   Saya tahu hujan turun hari ini
- 오늘 비가 올 줄 몰랐어요.
   oneul biga ol jul mollasseoyo
   Saya tidak tahu hujan turun hari ini
- 이음악을 먹을 줄 알았어요
  i eumageul meogeul jul arasseoyo
  Saya tahu (cara) makan makanan ini
- 이음악을 먹을 줄 몰랐어요
  i eumageul meogeul jul mollasseoyo
  Saya tidak tahu (cara) makan makanan ini
- 이게 여기 있을 줄 알았어요
  ige yeogi isseul jul arasseoyo
  Saya tahu ini ada disini
- 이게 여기 있을 줄 몰랐어요
  ige yeogi isseul jul mollasseoyo
  Saya tidak tahu ini ada disini

No comments:

Post a Comment