Thursday 3 May 2012

Mengenal Penanda Topic 은/는 dan Penanda Objek 을/를


Pada pelajaran kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan 2 grammar korea yang berbeda, yaitu penanda topic 은/는 dan penanda objek 을/를. Kedua grammar juga sangat sering digunakan dalam setiap percakapan dasar bahasa korea .

1. Penanda Topic 은/는
Penanda ini digunakan untuk menunjukan suatu perbandingan dan penekanan dalam kalimat bahasa korea.
- 은 digunakan ketika kata berakhiran konsonan
- 는 digunakan ketika kata berakhiran vokal

Contoh :
- 자전거가 쌉니다,차는 비쌉니다 (perbandingan)
  jajeongeoga ssamnida, chaneun bissamnida
  Sepeda murah, mobil mahal.
- 가방을  샀어요 ,연필은 안 샀어요 (penekanan)
  gabangeul sasseoyo, yeonpireun an sasseoyo
  Saya membeli tas, saya tidak membeli pensil
- 한국말은 재미있어요 (perbandingan)
  hangukmareun jaemi isseoyo
   Bahasa Korea menarik
- 나는 키가 쿱니다 (penekanan)
  naneun kiga kumnida
  Badan saya tinggi.

2. Penanda Objek 을/를
Penanda ini digunakan untuk menandakan suatu objek dalam kalimat bahasa korea
- 을 digunakan ketika kata berakhiran konsonan
- 를 digunakan ketika kata berakhiran vokal

Contoh :
- 생일 파티를 했어요
  saengil patireul haesseoyo
  saya mengadakan pesta ultah
- 점심을 먹었어요
  jeomsimeul meogeosseoyo
  saya sudah makan siang
- 그학생이 영어를 공부하고 있어요
  geuhaksaengi yeongeoreul gongbuhago isseoyo
  murid itu sedang belajar bahasa inggris
- 어머니께서 신문을 읽었어요
  eomeonikkeseo sinmuneul ilgeosseoyo.
  mama telah membaca koran

No comments:

Post a Comment