Tuesday 8 May 2012

Time and Tenses (bag.4)


Saat ini kita akan kembali lagi mempelajari mengenai Time and Tenses, dan pada pelajaran kali ini saya akan membahas mengenai 2 bentuk tenses yaitu Past Continous Tense dan Past Perfect Tense.

1. Past Continous Tense
Tense ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian dan perbuatan yang sedang berlangsung dimasa lampau ketika kejadian yang lain juga ikut terjadi atau kejadian yang terjadi diwaktu lampau

a. Positive (Subject + was/were + verb-ing)
- When we were watching TV last night, the light went out
  Ketika kami sedang menonton TV kemarin malam, lampu padam
- Last night while we were having dinner, my sister was doing her homework
  Kemarin malam sementara kita sedang makan malam, saudara perempuanku sedang mengerjakan PR
- Mary was playing piano when i arrived.
  Mary sedang bermain piano ketika saya tiba
- As i was walking down the street, i saw an accident
  Waktu saya sedang jalan-jalan, saya melihat sebuah kecelakaan

b. Negative (Subject + was/were not + verb-ing)
- Linda was not playing the piano at the moment
  Linda tidak sedang bermain piano saat itu
- I was not sailing yesterday
  Saya tidak sedang berlayar kemarin
- You were not listening the news yesterday night
  Kamu tidak sedang mendengar berita kemarin malam
- They were not studying Mandarin at 7 o'clock
  Mereka tidak sedang belajar bhs mandarin pada jam 7

c. Interrogative (Was/Were + subject + verb-ing)
- Was she standing till eight o'clock ?
  Apakah dia sedang berdiri sampai pukul 8 ?
- Was i falling asleep at the meeting ?
  Apakah saya tertidur dalam rapat itu ?
- Were you going yesterday ?
  Apakah kamu pergi kemarin ?

2. Past Perfect Tense
Tense ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau perbuatan yang telah selesai terjadi di masa lampau ketika suatu kejadian lain terjadi.

a. Positive (Subject + had + verb 3)
- When my friend phoned last night, i had gone to the movie
  Ketika temanku menelpon tadi malam saya telah pergi menonton film
- When I arrived home from school yesterday, they had eaten lunch
  Ketika saya tiba dirumah dari sekolah, mereka telah makan siang
- The Concert had begun, when we got to the hall
  Konser telah mulai, ketika kita sampai ke aula
- We had finished our task when the bell rang
  Kita telah menyelesaikan tugas kita ketika bell berbunyi

b. Negative (Subject + had + not + verb 3)
- Laura said that she had not written a poem
  Laura berkata bahwa dia tidak telah menulis puisi
- I had not cleaned the room before lunch yesterday
  Saya tidak telah membersihkan kamar sebelum makan siang kemarin
- The sun had not risen before I woke up
  Matahari tidak telah terbit sebelum saya bangun
- The rain had not stopped when I left
  Hujan tidak telah berhenti ketika saya pergi

c. Interrogative (Had + subject + verb 3)
- Had you cleaned the house before lunch yesterday ?
  Apakah kamu telah membersihkan rumah sebelum makan siang kemarin ?
- Had you finished the book when you put it down ?
  Apakah kamu telah menyelesaikan membaca buku ketika kamu menaruhnya ?
- Had the movie started when they entered the cinema ?
  Apakah fimnya telah mulai ketika mereka memasuki sinema ?
- Had the sun risen before you woke up?

No comments:

Post a Comment