Tuesday 22 May 2012

Penggunaan 别, 过, dan 每



Pada pelajaran kali ini, saya akan mencoba mengajarkan kepada anda mengenai pengunaan bentuk 别, 过, dan 每. 别 ketika bentuk ini diletakkan sebelum kata benda artinya menjadi "..lain", dan jika diletakkan sebelum kata kerja dan kata sifat maka artinya menjadi "jangan...". 过 diletakkan setelah kata kerja yang artinya adalah "pernah...", dan 每 diletakkan setelah kata bilangan dulu baru kata bendanya yang artinya "setiap..".


Contoh Penggunaan 别 :
- 你要买别小说吗?
  Nǐ yāo mǎi bié xiǎoshuō ma?
  Apakah kamu ingin membeli novel yang lain ?
- 你看别人吗?
  Nǐ kàn biérén ma?
  Apakah kamu melihat orang lain
- 请去别的地方
  Qǐng qù bié de dìfāng
  Silahkan pergi ke tempat lain
- 听说她有别的名字
  Tīng shuō tā yǒu bié de míngzì
  Katanya dia mempunyai nama yang lain


*sebelum kata sifat dan kerja
- 明天是我的生日,你们多别忘记!
  Míngtiān shì wǒ de shēngrì, nǐmen duō bié wàngjì !
  Besok adalah Ultah ku, kalian semua jangan lupa !
- 弟弟,你还小孩子,别喝酒
  Dìdì, nǐ hái xiǎo háizi, bié hē jiǔ
  Adik, kamu masih anak kecil, jangan minum bir 
- 现在大下雨,你别去
  Xiànzài dà xià yǔ, nǐ bié qù
  Sekarang hujan besar, kamu jangan pergi


Contoh Penggunaan 过 :
- 你去过韩国和中国吗?
  Nǐ qù guò hánguó hé zhōngguó ma?
  Apakah kamu pernah pergi ke Korea dan China ?
- 兰兰学习过中文吗?
  Lán lán xuéxí guò zhōngwén ma?
  Apakah Lan lan pernah belajar bhs.Mandarin ?
- 麦克先生来过我的家。
  Màikè xiānshēng lái guò wǒ de jiā.
  Tuan Mike pernah datang ke rumahku
- 她看过你的照片
  Tā kàn guò nǐ de zhàopiàn
  Dia(perempuan) pernah melihat foto kamu


Contoh Penggunaan 每 :
- 每个星期我做运动
  Měi gè xīngqí wǒ zuò yùndòng
  Setiap minggu saya berolahraga
- 我去过每家大学
  Wǒ qù guò měi jiā dàxué
  Saya pernah pergi ke setiap universitas
- 每个人有梦想
  Měi gè rén yǒu mèngxiǎng
  Setiap orang mempunyai mimpi
- 每天我去学校
  Měi tiān wǒ qù xuéxiào
  Setiap hari saya pergi ke sekolah
- 每年我去我叔叔的家
  Měinián wǒ qù wǒ shūshu de jiā
  Setiap tahun saya pergi ke rumah paman saya

No comments:

Post a Comment