Saturday 22 September 2012

Penggunaan V지 못하다 dan V지 말다


Setelah kita mempelajari kalimat negatif pada pelajaran sebelumnya, sekarang kita juga akan mempelajari kalimat negatif yang tidak memiliki kata "tidak", tetapi kalimat tersebut tetap memiliki makna kalimat negatif. Saat ini kita akan mempelajari mengenai penggunaan V지 못하다 dan V지 말다 . V지 못하다 digunakan untuk menunjukan ketidakmampuan melakukan sesuatu dan V지 말다 digunakan untuk menyatakan kalimat larangan atau dalam bahasa Indonesia artinya "jangan" dan 말다 sering diucapkan 마세요 

Contoh Penggunaan V지 못하다
- 술을 마시지 못 합니다
  sureul masiji mot hamnida
  Saya tidak dapat minum minuman keras
- 바지를 만들지 못 해요
  bajireul mandulji mot haeyo
  Saya tidak dapat membuat celana
- 지금은 우편 집배원이 편지를 보내지 못 합니다
  jigeumeun upyeon jipbaewoni pyeonjireul bonaeji mot hamnida
  Saat ini tukang pos tidak dapat mengirim surat

*지 dapat juga dihilangkan dan digantikan dengan  을/를
Contoh :
- 내 남동생은 한국어를 못 합니다
  nae namdongsaengeun hangugeoreul mot hamnida
  Adik laki-laki ku tidak dapat bicara bahasa Korea
- 수영을 못 해요
  suyeongeul mot haeyo
  Saya tidak dapat berenang
- 저는 글을 잘 못 써요.
  jeoneun geureul jal mot sseoyo
  Saya tidak mahir dalam hal menulis

Contoh Penggunaan V지 말다
- 아직 보내지 마세요! 아직 다 안 썼어요.
   ajik bonaeji maseyo. ajik da an sseosseoyo
   jangan kirim itu dulu. saya belum selesai menulisnya
선생님께 말하지 마세요!
  seonsaengnimkke malhaji maseyo
  Jangan katakan kepada pak guru
- 걱정하지 마세요!
  geokjeonghaji maseyo
  jangan khawatir

* Jika anda ingin memberikan saran yang tambahan setelah memberikan kalimat larangan maka hilangkan 다 dan tambahkan kata - 고 setelah -  
Contoh :
걱정하지 말고 그냥 해 봐요.
  geokjeonghaji malgo geunyang hae bwayo
  Jangan khawatir, tetapi cobalah
- 전화하지 말고 문자 메시지 보내 주세요.
  jeonhwahaji malgo munja mesiji bonae juseyo
  Jangan menelpon saya, tetapi kirimlah sms ke saya
- 지금 사지 말고 조금만 기다리세요.
  jangan membeli sekarang, tetapi tunggulah sebentar

No comments:

Post a Comment