Friday 14 September 2012

Pengunaan kalimat negatif N이/가 않다, (V/A)지 않다, 안 V/A


Pada pelajaran kali ini kita akan mempelajari mengenai bentuk-bentuk dasar kalimat negatif bahasa korea yang sangat sering digunakan dalam percakapan-percakapan dasar. N이/가 않다 dalam bahasa indonesia adalah "bukan" diletakkan setelah kata benda,  (V/A)지 않다 dalam bahasa indonesia adalah "tidak" diletakkan setelah kata kerja atau sifat, dan yang terakhir adalah 안 V/A dalam bahasa indonesia adalah "tidak" diletakkan sebelum kata kerja atau sifat.

Contoh Penggunaan N이/가 않다 :
- 이 책은 사전이 아닙니다
  i chaegeun sajeoni animnida
  Buku ini bukan kamus
- 그것은 커피가 아닙니다
  geugeoseun keopiga animnida
  Itu bukan kopi
- 이것은 소설이 아니라 만화 책이에요
  igeoseun soseoro anira manhwa chaegieyo
  Ini bukan novel, (tetapi) ini adalah komik
- 오늘은 화요일이 아니라 수요일입니다
  oneureun hwayoiri anira suyoirimnida
  Hari ini bukan hari selasa, (tetapi) hari rabu

Contoh Penggunaan  (V/A)지 않다 :
- 오늘 비가 오지 않아요
  oneul biga oji anayo
  Hari ini hujan tidak datang
- 지금 영어를 공부하지 않아요
  jigeum yeongeoreul gongbuhaji anayo
  Saya sekarang tidak belajar bahasa Inggris
- 어제 공원에 가지 않았어요
  eoje gongwon e gaji anasseoyo
  Kemarin saya tidak pergi ke taman
- 수미 씨가 전화를 받지 않아요
  sumi ssiga jeonhwareul badji anayo
  Nona Sumi tidak menerima telepon

Contoh Pengunaan 안 V/A :
- 집에 안 가요
  jibe an gayo
  Saya tidak pergi ke rumah
- 라면을 안 먹어요
  ramyeoneul an meogeoyo
  Saya tidak makan ramyeon
- 이제 안 바빠요
  ije an bappayo
  Saya sekarang tidak sibuk

* Apabila verba berbentuk "-하다" dan mengunakan bentuk negatif "안", maka bentuk 안 diletakkan sebelum 하다
- 열심히 공부를 안 해요
  yeolsimhi gongbureul an haeyo
   Saya tidak belajar dengan giat
- 아직 청소를 안 해요
  ajik cheongsoreul an haeyo
  Saya masih belum membersihkannya

No comments:

Post a Comment