Friday 13 July 2012

Auxiliaries (1)


Saat ini kita akan mempelajari mengenai Auxiliaries. Auxiliaries adalah kata kerja bantu yang berfungsi sebagai pembantu kata kerja, dan sangat umum digunakan dalam percakapan sehari-hari bahasa inggris. Menurut struktur kalimat bahasa inggris, auxiliaries selalu diikuti infinitive tanpa to.

1. CAN
Digunakan untuk menyatakan kesanggupan dan keahlian
- My sister can speak English fluently
  Adik perempuan saya dapat berbahasa inggris dengan lancar
- The boy can't lift the heavy box
  Anak laki-laki itu dapat mengangkat kotak yang berat

negative
- I can't play chess
  Saya tidak dapat bermain catur
- They can't finish that work on time
  Mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu

question
- Can you speak french ?
  Dapatkah anda berbicara bahasa prancis ?
- Yes i can / No i can't
  Ya, saya dapat / tidak saya tidak dapat
- Can your sister play guitar ?
  Dapatkah adik perempuan kamu bermain gitar ?
- Yes she can / No she can't
  Ya, dia dapat / tidak dia tidak dapat

Past Form
Bentuk past dari Can : Could
- Two years ago I could play tennis well, but now i can't anymore
  Dua tahun yang lalu saya dapat bermain tenis dengan baik, tetapi sekarang tidak lagi
- I couldn't ride a bicycle when i was six, but now i can
  Saya tidak dapat mengendarai sepeda ketika saya berumur 6 tahun, tetapi sekarang bisa

No comments:

Post a Comment