Wednesday 18 July 2012

Jenis-Jenis Kata Bantu



Kali ini saya akan mengajarkan kepada anda mengenai jenis-jenis kata bantu yang dipakai dalam bahasa mandarin. Dalam bahasa mandarin mempunyai beberapa kata bantu, dan ada beberapa yang mempunyai hanzi yang sama penulisannya tetapi artinya dapat berbeda-beda.


Jenis-Jenis Kata Bantu :


Menyatakan Kemampuan :
- 会(huì),能够(nénggòu),能(néng)
Menyatakan Kemungkinan :
- 会(h),能(néng),可以(kěyǐ),也许(yěxǔ)
Menyatakan Keharusan :
- 要(yào),应该( yīnggāi),该(gāi),必须(bìxū)
Menyatakan Kemauan :
- 要(yào),想(xiǎng),愿意(yuànyì),敢(gǎn),干(gàn)
Menyatakan Kesanggupan :
- 一定(yīdìng),应该(yīnggāi),愿意(yuànyì),必须(bìxū)


Contoh :
- 明天下午我能够去你的家
  Míngtiān xiàwǔ wǒ nénggòu qù nǐ de jiā
  Besok sore saya dapat pergi kerumah kamu
- 明天下午我也许去你的家
  Míngtiān xiàwǔ wǒ yěxǔ qù nǐ de jiā
  Besok sore saya mungkin bisa pergi kerumah kamu
- 明天下午他应该去你的家
  Míngtiān xiàwǔ tā yīnggāi qù nǐ de jiā
  Besok sore saya harus pergi kerumah kamu
- 明天下午我想去你的家
  Míngtiān xiàwǔ wǒ xiǎng qù nǐ de jiā
  Besok sore saya ingin pergi kerumah kamu
- 明天下午我一定去你的家
  Míngtiān xiàwǔ wǒ yīdìng qù nǐ de jiā
  Besok sore saya pasti pergi kerumah kamu


Apabila kata bantu tersebut ingin dibuat kalimat pertanyaan (Interrogative) maka jika kata bantu tersebut mengandung 2 huruf, ambilah huruf pertama lalu tambahkan huruf negatiif () kemudian tuliskan kata bantu tersebut secara lengkap


Contoh :
- 明天你能不能出院 ?
  Míngtiān nǐ néng bùnéng chūyuàn ?
  apakah besok kamu bisa keluar dari RS ?
- 那位护士该不该给我打针 ?
  Nà wèi hùshì gāi bù gāi gěi wǒ dǎzhēn ?
  Apakah perawat itu harus menyuntik saya ?
- 华语老师愿不愿意给我补课 ?
  Huáyǔ lǎoshī yuàn bù yuànyì gěi wǒ bǔkè ?
  Apakah guru bahasa mandarin bersedia memberikan saya pelajaran tambahan ?
- 我可不可以学习华语 ?
  Wǒ kěbù kěyǐ xuéxí huáyǔ ?
  Apakah saya boleh belajar bahasa mandarin ?



No comments:

Post a Comment