Tuesday 17 July 2012

Penggunaan N에 dan N에서


Saat ini saya akan menerangkan mengenai pengunaan N에 dan N에서. Partikel N에 merupakan suatu partikel preposisi yang menunjukkan suatu arah, lokasi dan waktu, atau dalam bahasa indonesianya adalah "di/ke/pada". Partikel N에서 merupakan partikel preposisi yang menunjukkan suatu kegiatan/kejadian sedang berlangsung 


Contoh Penggunaan N에 :
- 책이 도서관에 있어요 
  caegi doseogwan e isseoyo
  Buku ada di perpustakaan
- 친구와 극장에 갔어요 
  chingu wa geukjang e gasseoyo
  saya dengan teman pergi ke bioskop
- 생일에 선물을 많이 받았어요 

  saengire seonmureul mani badasseoyo 
  pada ultahku saya menerima banyak hadiah


Partikel  N에 juga dapat diartikan sebagai satuan unit. Atau dalam bahasa indonesia artinya adalah "per-"
Contoh :
- 한 시간에 만원입니다
  han sigane man won imnida
  sejam 10.000 won (mata uang korea)
- 한 그릇에 삼천원입니다
  han geureuse samcheon won imnida
  Semangkuk 3000 won

Contoh Penggunaan N에서:
- 집에서 뭐 해요? (contoh "di")
  jibeseo mwo haeyo ?
  Di rumah sedang melakukan apa ?
- 어디에서 왔어요 ?

  eodieseo wasseoyo ?
  kamu datang dari mana ?
- 하루미씨가 일본에서 왔어요
  harumi ssi ga ilboneseo wasseoyo
  Nona Harumi datang dari Jepang

Partikel 
N에서 dapat juga berarti "di" dalam bahasa Indonesia apabila diikuti oleh verba aksi (kecuali 가다 dan 있다/없다 )
Contoh :
도서관에서 책을 읽어요
  doseogwaneseo caegeul ilgeoyo
  Saya  membaca buku di perpustakaan
- 시장에서 사과를 샀습니다 
  sijangeseo sagwareul sattseumnida
  Saya membeli apple di pasar
  

No comments:

Post a Comment