Tuesday 10 July 2012

N에서 -까지/N부터-까지 dan N보다


Pada kali ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang pengunaan N에서 -까지 N부터-까지 dan N보다 dalam bahasa korea. N에서 -까지/N부터-까지 dalam bahasa indonesia berarti "Dari....sampai..." digunakan untuk menyatakan suatu tempat seperti "dari rumah sampai sekolah" dan penggunaan N부터-까지 digunakan untuk menyatakan bentuk waktu seperti "dari pagi sampai malam". sedangkan untuk penggunaan N보다 digunakan untuk menyatakan suatu perbandingan yang memiliki arti sama dengan "daripada".


Contoh Pengunaan N에서 -까지/N부터-까지:


- 친구의 집에서 내집까지 가까워요 
  chingu ui jibeseo nae jipkkaji gakkawoyo
  Dari rumah teman saya sampai rumah saya dekat
- 백화점에서 은행까지 몇 킬로미터 입니까 ?

  baekhwajeomeseo eunhaengkkaji myeot killomiteo imnikka ?
  dari Mall sampai bank berapa kilometer ?
- 학교에서 집까지 멀어요 
  hakgyoeseo jipkkaji mereoyo
  Dari sekolah sampai rumah sangat jauh
- 오전 8시부터 오후 6시까지 근무해요 
  ojeon yeodeol si buteo ohu yeoseot si kkaji geunmunhaeyo
  Saya bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore
- 월요일부터 금요일까지 대학교에 가요
  woryoilbuteo geumyoilkkaji daehakgyoe gayo
  Saya pergi ke sekolah dari hari senin sampai hari jumat
- 아침부터 밤까지 공원에 있어요
  achimbuteo bamkkaji gonwon e isseoyo
  Saya ada di taman dari pagi sampai sore


Contoh penggunaan N보다:


오늘은 어제보다 더워요
  oneureun eojeboda deowoyo
  Hari ini lebih panas dari kemarin
- 라디오가 텔레비전보다 싸요
  radioga tellebijeon boda ssayo
  Radio lebih murah daripada Televisi
- 어제보다 일찍 갈 거예요
  eojeboda iljjik gal geoyeyo
  Saya akan pergi lebih awal daripada kemarin
- 영어는 한국어보다 어려워요
  yeongeoneun hangugeoboda eoryeowoyo
  Bahasa inggris lebih susah daripada bahasa korea

Jika partikel 보다 di ikuti oleh kata kerja, maka harus di beri keterangan tambahan seperti 
더(lebih), 많이(banyak), 자주(sering), 조금(sedikit)

-비빔밥을 칼비보다 더 좋아해요
  bibimbabeul kalbiboda deo johahaeyo
  Saya lebih suka bibimbap daripada kalbi
- 컴퓨터를 영화보다 자주 봐요
  keompyuteoreul yeonghwaboda jaju bwayo
  Saya lebih sering melihat komputer daripada film
- 밥을 국수보다 많이 먹어요
  babeul guksuboda manhi meogeoyo
  saya lebih banyak makan nasi daripada mie

No comments:

Post a Comment