Friday 13 July 2012

Penggunaan N도 , N의 , dan N(이)나


Saat ini kita akan mempelajari penggunaan N도 , N의 , dan N에. Pengunaan N도 diartikan dalam bahasa indonesia yang berarti "JUGA", Penggunaan  N(이)나 diartikan dalam bahasa indonesia yang berarti "ATAU" , sedangkan pengunaan N에 disebut juga sebagai partikel preposisi yang menunjukkan suatu arah, tempat, dan waktu .


Contoh Penggunaan N도 :
- 텔레비전도 살 게요.
  telebijeon do sal keyo
  Saya juga akan membeli televisi
이것도 가져왔어요.
  igeot do gajyeowasseoyo
  Saya juga membawa ini
- 냉면도 맛있어요.
  naengmyeon do masisseoyo
  Mi dingin juga enak
저도 학생이에요.
  jeo do haksaeng ieyo
  Saya juga murid
저는 영어도 가르쳐요.
  jeoneun yeongeo do gareuchyeoyo
  Saya juga mengajar bahasa inggris


Contoh Penggunaan N의 :
- 주니씨의 동생이 왔어요
  juni ssi wi dongsaengi wasseoyo 
  Adik nona Juni telah datang
- 아버지의 안경이 없어요
  abeoji wi angyeongi eopseoyo
  Kacamata ayah tidak ada
- 이치마의 무늬가 정말 예쁘다
  i chima wi munwi ga jeongmal yeppuda
 Corak rok ini sangat cantik

Jika Subjeknya 나,저,너 :
내 친구(Teman saya),제 한드펀(Handphone saya),네 가방(Tas kamu)

Penggunaan (이)나 :
- 이digunakan ketika noun berakhir konsonan
- 나 digunakan ketikan noun berakhir vokal

Contoh Pengunaan (이)나 :
- 딸기나 포도를 살게요 
  ttalgi na podoreul sal keyo 
 Saya akan membeli stawberry atau anggur
- 우유나 커피를 좋아해요 ?
  uyu na keopireul johahaeyo ?
  apakah kamu menyukai susu atau kopi ?
- 5월이나 7월 한국에 갈게요 
  oworina chirwol hanguge gal keyo
 Saya akan pergi ke Korea Mei atau Juli
- 한국어나 영어를 공부하고 있어요 ? 
  hangugeona yeongeoreul gongbuhago isseoyo ?
 Kamu belajar bahasa korea atau inggris ?




No comments:

Post a Comment